Senin, 08 Juli 2019

Pramuka Bogor Barat Ikut Bebersih Ciliwung

Minggu, 23 Juni 2019
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) melaksanakan kegiatan bersih Sungai Ciliwung. Kegiatan yang disebut bebersih Ciliwung ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2019 dan Gerakan Bebas Sampah Plastik.
Pelaksanaannya serentak di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) pada Ahad (23/6). Kegiatan ini diikuti sekitar  8.000 orang yang terdiri atas unsur Kementerian LHK, Pemda, masyarakat di 33 Kecamatan sepanjang DAS Ciliwung . Lokasi pelaksanaan Bebersih Sampah di  36 lokasi, 30 Komunitas Peduli Ciliwung, 3000 siswa dan  Gerakan Pramuka, Perusahaan
"Kegiatan Bebersih Ciliwung merupakan implementasi dari Dasa Dharma Pramuka Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia, yang dampaknya akan berpengaruh untuk masyarakat" Ujar Wakil Ketua Kwarran Bogor Barat bidang abdimas Kak Sumarno
di tempat lain Bebersih Ciliwung  ini diharapkan  sekaligus dapat memecahkan  rekor nasional MURI untuk aspek jumlah peserta dan panjang sungai yang dibersihkan. “Karena itu kami mengharapkan dan mengajak seluruh pihak secara bersama melakukan perbaikan kualitas air Sungai Ciliwung,”ujar Dirjen PPKL, RM Karliansyah kepada media, Jumat (21/6).
Tujuan Bebersih Ciliwung terutama untuk memperbaiki kualitas air Sungai Ciliwung, melakukan kampanye dan edukasi lingkungan perlindungan dan pengelolaan ekosistem di DAS Ciliwung, memfasilitasi  pengenalan potensi DAS Ciliwung, pengembangan jaringan kemitraan antara pemerintah, masyarakat, dan perusahaan dalam rangka perlindungan dan pengelolaan  lingkungan DAS Ciliwung.
Kegiatan Bebersih Ciliwung akan dilaksanakan di DAS Hulu sampai dengan Hilir dan dibuka dengan Komando Menteri LHK, Siti Nurbaya untuk pengumpulan sampah, penyambutan tim susur sungai, dan penanaman pohon bambu.
Di Panggung acara yang dipusatkan di Cibinong, serangkaian kegiatan sudah dirancang dengan dibuka tarian tradisional dan kemudian dilanjutkan sambutan Ketua Yayasan Bambu Indonesia, H. JatinikaNaggamiharja, lalu laporan kegiatan Bebersih Ciliwung oleh Dirjen PPKL, Karliansyah. Setelah itu sambutan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, diakhir dengan sambutan Menteri LHK, Siti Nurbaya.
Setelah acara seremonial, masih ada kegiatan yang cukup menarik yakni talkshow dengan tema “Gotong Royong Bebersih Ciliwung serta live report (Cisarua, Sempur,Panus, dan GCB). Talkshow akan dipandu oleh Puteri Indonesia Lingkungan Tahun 2018, Vania Fitriyani Herlambang. Adapun narasumbernya, Lurah Sempur Rina Da Frina, Youtuber yang membuat konten budaya Indonesia, Christina Surya (warganegara Rumania), Penggerak dan Patriot Ciliwung, Hidayat Alhamdani yang akrab disapa Kang Dayat, serta Ketua Gerakan Ciliwung Bersih (GCB), Penny Susanti.

0 komentar:

Posting Komentar

Perwakilan Andalan Kwarran Bogor Barat Hadiri Peluncuran Buku Panduan Pembina Pramuka

Perwakilan Andalan Kwarran Bogor Barat, Kak Maulida Rizki Ramadhan, S.Pd dan Kak Achmad Daelani, S.Ag, turut berpartisipasi dalam acara pelu...